Mengenal Batik Cirebon Dan Perkembangannya

Halo kembali lagi dengan saya Juragan Batik Jogja kami disini akan berbagi tentang Batik Cirebon dan Perkembangannya. Nah jika anda belum tahu tentang batik Cirebon simak selengkapnya disini bersama Juragan Batik Pusatnya Produsen Batik Jogja.

Kota Cirebon merupakan salah satu kabupaten yang menghasilkan batik di Provinsi Jawa Barat. Yang mana Cirebon memiliki kekuatan dalam penggambaran setiap motif batik. Hal ini dikarenakan sejarah batik di Cirebon ada kaitannya dengan asimilasi budaya secara tradisional ritual religi. Sejarah batik di Cirebon dimulai ketika adanya pelabuhan Muara Jati menjadi tempat singgahnya pedagang asal China, Arab Saudi, Persia, dan India. Dengan persinggungan budaya tersebut pada akhirnya melahirkan pembauran interkulturasi dan asimilasi antara satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi.

Lokasi Yang Strategis

Secara letak geografis, Cirebon adalah suatu wilayah yang sangat strategis, dimana letaknya berada di pesisir pantai utara jawa (Pantura). Dalam buku purwaka caruban nigari menyebutkan bahwa kota ini adalah tempat bertemunya berbagai kebudayaan. Bahwa disebutkan didalam Purwaka Caruban Nagari bahwa berbagai bangsa sangat sering mengunjungi pelabuhan Cirebon antara lain adalah orang Tiongkok, Arab, Parsi, India, Malaka, Tumasik, Pasai, Jawa Timur, Madura dan Palembang.

Pusat Bertemunya Budaya

Hubungan kota Cirebon dimana berperan sebagai daerah pelabuhan dengan daerah lainnya dengan para pendatang yang mana membawa nilai nilai seni budaya yang sudah menjadikan Cirebon mengalami pembauran budaya baik secara internal maupunĀ  secara eksternal. Hubungan perdangan yang sangat erta antara Cirebon dengan negeri Tiongkok, India, Arab, Juga menyebabkan kultur di Cirebon berpadu dengan kultur asing tersebut.

Perpaduan budaya tersebut telah membuahkan sebuah corak kultur yang sangat beragam pda kebudayaan Cirebon pada umumnya. Batik Cirebon memiliki keunikan serta kekuatan dalam pembuatan desain motif yang sudah diakui oleh masyarakat pecinta batik. Batik Cirebon juga termasuk kedalam batik pesisir, namun sebagian batik Cirebon termasuk kedalam batik keraton. Jika dilihat dari sisi ragam hias batik Cirebon memiliki 2 ragam hias yaitu batik pesisir yang berpadu dengan budaya tiongkok dan bati keraton yang dipengaruhi oleh budaya hindu dan islam.

Perkembangan Dari Batik Cirebon

Perkembangan batik di Cirebon memiliki dua klasifikasi antara lain adalah batik pesisir dan batik keraton merupakan bukti dari uniknya batik Cirebon. Perkembangan batik Cirebon dalam waktu 10 tahun terakhir sangat melonjak dari sisi jumlah. Disaat batik diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia pada tahun 2009. Memakai baju batik sudah mejadi mode dan batik Cirebon semakin berkembang dengan hasil produksi yang pada awalnya merupakan kain saat ini sudah berkembang menjadi aneka ragam bentuk dan jenis dari bahannya pun beragam, mulai dari busana hingga aksesoris semuanya memiliki motif dan ciri khas cirebonan.

Pada zaman dulu batik cirbeon biasanya digunakan untuk kain jarik berupa lembaran kain dengan warna dan motif tradisional. Saat ini berfungsi dalam memenuhi kebutuhan sandang dan lainnya. Beberapa pengrajin sudah melakukan pengembangan produk batik yang lebih bervariasi dan mengikuti zaman.

Itulah tentang batik Cirebon dan perkembangannya. Jika anda membutuhkan kain batik anda dapat menghubungi kami Pabrik Batik Jogja kami merupakan produsen batik jogja yang menyediakan berbagai motif batik dengan corak dan warna. Anda dapat memilih motif yang diinginkan, sesuai dengan kesediaan barang atau kami cetakkan ulang sesuai jumlah yang diinginkan. Segera hubungi kami jika anda membutuhkan kain batik yang berkualitas.

Tinggalkan komentar